Kamis, 19 September 2013

Lipooz: lipootan Khussuzz (Session Dua)

Lipooz
Credit: @lipooz



One Man Armry



Hiphop menyampaikan pesan dan sebuah kreatifitas yang dalam,dan tentu saja sebuah jenis musik yang kaya.


                           
                 And than saya menyelesaikan pendidikan di Kisol dengan sangat baik lagi-lagi Lipooz menemani hari-hari panjang setelah lulus Seminari. Entah bagaimana kemudian aku bisa mendapatkan kaset asli lagu Lipooz dari seorang teman angkatan Sanpio48. Semua lagu ini saya nikmatin setiap hari Hip cha-cha, Mari dansa dan beberapa lagu lagi termasuk Xmas in Ruteng yang legendaris itu. Yang kukenang betapa saat-saat di Ruteng itu begitu memukau seperti nikmatin sopi dan kopi Colol ahh Kopi Waling sebenarnya lebih enak.


                             
           Tahun 2009 aku berangkat ke Yogya kota never ending asia. Disini teman-temanku menilai aku aneh, karena hari-hariku mulai dengan RRC number one, di dalam kamar saat belajar, di ruang komputer, sepanjang jalan pergi kuliah dengan sepeda onthel lipooz terus menemaniku. Terlebih lagi lagu-lagu Lipooz dapat dengan mudah di download lewat 4shared, hoho duniaku menjadi sempurna. Saat itu dalam hatiku hip-hop merupakan musik kebebasan ekspresi, paling bebas, tidak kasar seperti musil rock, tidak sepasif reagge, tak segalau dangdut, apalagi sealay pop kangen band atau sebangsanya, apalagi sekumat K-pop sekarang. Ini penilaian pribadi dan subjektif dan efeknya banyak orang yang marah atau tersinggung, saya sudah mengalami itu dan tujuan saya memang itu! Bebas mengungkapkan ekspresi saya tanpa tedeng aling-aling, karena bagi saya hip-hop itu universal tanpa kategorisasi, semua bangsa dan semua bahasa.

Percuma kau mulai mencoba bakalai
Menentukan nada-nada tinggi
Kau berhadapan dengan yang terbaik
Jadi pulang kerumah dan renungkanlah baik-baik
Ini bukan cerita fiksi atau pun sugesti
Para juri tlah memprediksi
Mentalmu tlah mati tanpa sedikitpun luka fisik
Eksis tanpa ambisi haruslah di habisi
Mikrophone is bulshit
Mainan masa klasik
Ku hadrikan modernisasi hiphop universal tanpa kategorisasi


        Bayangkan saja: Pertama: Hip-hop itu sebuah jenis pidato paling kreatif yang pernah ada. Coba anda lihat syair lagu hip-hop, anda akan menemukan kira-kira lebih dari 300 karakter, 200an kata puluhan kalimat. Ini sebuah pidato bahkan jauh lebih efektif dari itu!! Di dalamnya anda dapat dengan bebas menemukan ungkapan narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi, informasi, emosi, halusinasi, improvissaasi, solusi bahkan emosi!!! Dan yang pasti ini tidak basi. Sebuah pidato yang baik harus pertama-tama menarik perhatian audiensnya nah hip-hop mampu melakukan semuanya dari awal sampai akhir, memiliki rima yang menuntut otot dan otak kognitif dan emosi bekerja bersamaan dengan kemampuan musikal. Tentunya akan lebih menarik dan mengena di hati mendengar rapper asal yogya menyanyikan “Yogya istimewa” daripada presentasi tentang keistimewaan DIY. Dan tentunya lebih menghemat banyak waktu.
       Kedua hip-hop dapat menyatukan banyak jenis musik, anda tidak akan terpaku atau terpenjara hanya dalam satu jenis musik saya yang tentu saja melemahkan kualitas musikal otak. Dalam hip-hop anda dapat bebas berkreasi dengan reagge, pop, country, rock, atau kroncong seperti kroncong protolnya Bondan Prakoso, atau sedikit sentuhan jaipong semisal dalam lagunya Sweet Martabak “Sumur di Ladang”. Tentu saja dari semuanya Beat yang menjadi ciri khas Hip-hop tetap ada dan ini yang menyatukan rima di antara syair lagunya.

Basa basimu basi dan masi
...mentalmu basi elasi
Tak cukup bikin sakit
Tampak tektik
Ku buat kau tak berkutik
Sampai kau sampai pucat pasi
Bukan bombastik
Tapi dengan nuklir bleski
I need a peace sun of all easy
Ku siap menginfeksi
Radarmu tak bisa deteksi
Fuck the pow resi berontak
Fuck you crazy


         Ketiga dan yang paling penting hip-hop seperti halnya ekspresi seni lainnya memiliki pesan yang akan disampaikan kepada para penikmatnya, dan penikmat bebas mengartikan karya seni. Nah hip-hop memiliki keunggulan dan kelebihan dalam hal ini pertama: hip-hop memiliki syair yang lebih banyak dari pada jenis musik lainnya, sehingga pesan dapat disampaikan dengan porsi yang lebih banyak, lebih berisi, gamblang, lebih jelas tidak membutuhkan banyak ilmu tafsir syair atau intempretasi lagu tentunya semuanya dapat disampaikan tanpa kehilangan estetikanya. Kedua: beragam jenis pesan dapat disampaikan dalam hip-hop, semisal pesan religi dalam beberapa lagu Lipooz, pesan sosial, pesan cinta, pesan damai, pesan pemberontakan, dan masih banyak lagi. Tak seperti lagu pop yang beredar sekarang kebanyakan bernuansa galau melulu......
       Keempat sebagian besar lagu hip-hop berstatus indie not major label yang harus selalu mengikuti selera pasar sehingga pemusik kehilangan kreatifitas. Dengan ini pencipta lagu hip-hop dapat bebas menciptakan karya seninya tanpa ada tekanan ini itu apalagi ketakutan lagunya didownload secara ilegal.




EmoticonEmoticon