Jumat, 16 Juni 2017

Manggarai Barat: Arkeologi dan Etnografi

Berdasarkan penyelidikan para arkeolog dan ethnograf, di wilayah  Manggarai (termasuk wilayah Manggarai Barat) telah ditemukan beberapa  jejak kehidupan pada jaman pra-sejarah. Beberapa peninggalan jejak  kehidupan pada jaman pra-sejarah tersebut antara lain

Gua Manggarai
Gua Manggarai

a. Bangunan Compang. 
Salah satu ciri jaman pra-sejarah adalah  ditemukan unsur jaman batu serta adanya kepercayaan animisme  dan dinamisme (percaya pada roh-roh halus atau dewa). Compang  merupakan tempat sesajian yang terletak di halaman kampung atau  sekitarnya. Compang berbentuk bundar menyerupai meja  persembahan, terbuat dari tumpukan tanah dan batu-batu. Di  tengah-tengah compang tumbuh pohon (langke) yang sengaja  ditanam. Sebagian besar Compang terletak di wilayah Kabupaten  Manggarai, hanya Compang Pacar Pu’u yang terletak di  Kabupaten Manggarai Barat. 

b. Galian arkeologi.  
Galian arkeologi yang ada di Kabupaten  Manggarai antara lain: Liang Bua, Pongrekok, Liang Toge.  Sedangkan galian arkeologi yang ada di Kabupaten Manggarai  Barat adalah Warloka, Liang Momer dan Wae Racang. 


EmoticonEmoticon