Selasa, 08 Agustus 2017

Apa Arti Kata Mukarakat?

arkeologi manggarai
Source: Instagram Hitskotaruteng


Istilah Mukarakat


Ada beberapa teman-teman yang masih bertanya-tanya "Apa sih arti dari istilah Mukarakat?". Pertanyaan ini biasanya diajukan oleh orang yang berasal dari luar Manggarai atau orang luar flores-NTT. Hal ini menjadi pertanyaan berhubung banyak orang manggarai atau flores yang sering menyebut sesama orang "Indonesia Timur" dengan istilah "Mukarakat".



Istilah Mukarakat Secara Terminologis


Mengacu kepada pengertian Terminologis (adalah kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Kajian terminologi antara lain mencakup pembentukannya serta kaitan istilah dengan suatu budaya dalam hal ini budaya Manggarai atau budaya flores). Mukarakat merupakan gabungan dari dua kata "Muka" dan "Rakat".

Untuk kata "Muka" sendiri mengacu kepada penyebutan orang indonesia timur terhadap kata "Wajah". Orang Manggarai atau orang Indonesia Timur Khususnya lebih sering menggunakan kata "Muka" dibandingkan kata "Wajah".

Untuk kata "Rakat" sendiri merupakan sebuah istilah tersendiri yang berkembang di kalangan orang Indonesia Timur khususnya orang Manggarai Flores. Istilah "Rakat" sendiri merupakan bentuk dari kata "Masyarakat". Mengapa "Masyarakat"? Orang Manggarai "diaspora" atau Manggarai perantauan menggunakan istilah "Masyarakat" untuk menyebut sesama orang Manggarai atau sesama orang Indonesia Timur. Hal serupa digunakan oleh suku Batak Toba "Halakita". Untuk menyebut orang atau sukunya sendiri.


Nah berdasarkan dua kata diatas maka lahirlah istilah "Mukarakat", yang kurang lebih berarti "Seseorang yang memiliki wajah orang Manggarai" atau "Memiliki Wajah orang Indonesia Timur". Istilah ini semakin berkembang ketika Rapper Flores "Lipooz" bersama teman-temannya mempopulerkan istilah "Mukarakat" dalam lagu-lagu mereka.



arkeologi manggarai
Source: IG histkotaruteng


Seperti Apakah Mukarakat?


Tidak ada "Pattern design" atau pola khusus yang secara detail menggambarkan "Mukarakat". Walau secara umum "Mukarakat" sebagaimana wajah orang Indonesia Timur pada umumnya "Rambut Keriting, Hitam dan Mata Menyala" ( Walau tidak semua orang timur seperti itu) . Namun jangan salah, dibalik label tersebut "Mukarakat" tampil lebih eksotis dan tampil menawan. Mukarakat dan karakteristik khas wajahnya justru kelihatan lebih menonjol di dalam sekelompok orang.




EmoticonEmoticon