Sabtu, 16 Desember 2017

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Local Guide

Hampir sebagian besar orang saat ini telah menggunakan ponsel dengan sistem operasi android. Ponsel android bukan hanya mudah digunakan tetapi juga terjangkau secara harga.  Semakin hari perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan beragam jenis ponsel android terbaru dengan segala kelebihan fiturnya. Tidak mengherankan jika semakin hari akan sangat mudah ditemui ponsel android yang tidak hanya canggih secara fitur tetapi juga murah secara harga. Bukan hanya di kota besar di Jakarta saja melainkan juga hingga ke pedalaman Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur dengan mudah dapat ditemukan seseorang menggunakan ponsel android.

Pengguna ponsel android sendiri tentu paham bahwa jika mengunakan android maka hal yang paling utama dilakukan adalah membuat ‘Google Account’. Google sebagai pendukung utama system operasi android telah mengembangkan dan menyempurnakan system android dan segala fiturnya secara berkala. Tidak heran jika saat pertama menggunakan android kita akan menemukan firur-fitur dasar bawaan andoid semisal gmail, Google Plus, youtube, google playstore, google music, Maps dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas secara khusus salah satu bagian dari Google Maps yaitu Local Guides.


Manfaat dan Keuntungan Menjadi Local Guide
Local Guide

Apa itu Local Guides?

Local Gudies atau dalam Bahasa Indonesianya “Pemandu Local” merupakan sebuah komunitas yang difasilitasi oleh google yang berisi orang-orang yang menandai, memberi pentunjuk, ulasan, rating/peringkat mengenai sebuah tempat berdasarkan google Maps melalui perangkat mereka. Disini ada kaitan era tantara Local Guides dan Google Maps. Para Local Guides memberikan petunjuk, ulasan maupun pendapatnya berdasarkan Google Maps.

Baca Juga: Asal-Usul Nama Manggarai Jakarta

Local Guides hanya dapat digunakan oleh orang yang memiliki akun google (Google Account) pada perangkat. Dan patut dicatat bahwa semua orang yang memiliki google account dapat menjadi seorang Local Guide. Untuk menjadi seorang Local Guide bersifat gratis dan sukarela.

Berawal dari iseng-iseng akhirnya mulai rajin menjadi Local Guide. Sebagai seorang Manggarai-Flores perantauan yang tugas hariannya berjalan kesana kemari akhirnya dengan iseng-iseng mengisi waktu luang saat menunggu dengan mengisi informasi di Google Maps. Kadang-kadang memberikan review dan menambahkan serta melengkapi informasi mengenai sebuah tempat.

Menghasilkan Uang Melalui Local Guide

Banyak orang yang bertanya “Bagaimana caranya menghasilkan Uang Melalui Loca Guide?”. Disini saya sedikit memberi penjelasan sejauh yang saya alami selama menjadi Local Guide bahwa Google tidak pernah memberikan Uang (Secara Langsung) melalui partisipasi menjadi Local Guide.

 Local Guides merupakan sebuah komunitas yang difasilitasi oleh google yang berisi orang-orang yang menandai, memberi pentunjuk, ulasan, rating/peringkat mengenai sebuah tempat berdasarkan google Maps melalui perangkat mereka

Hal ini akan sedikit banya berbeda dengan kita memiliki akun Google Adsense. Jika melalui Google Adsense kita mendapatkan keuntungan (Lansung) melalui iklan yang ditayangkan oleh Google pada Website, blog, Youtube dan apps kita.


Apa Manfaat menjadi Seorang Local Guide?

Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika menjadi seorang Local Guide:

Pertama; Kita secara tidak langsung membantu orang lain dalam menemukan tempat yang mereka cari. Melalui Local Guide kita dapat menambahkan, melengkapi dan memberikan informasi mengelai sebuah tempat. Informasi itu berupa Gambar, lokasi, dan keterangan yang telah disediakan oleh google mengenai tempat tersebut. Bahkan kita diberikan kebebasan menilai berdasarkan rating kepuasana kita terhadap sebuah tempat. Selain itu secara tidak langsung kita membantu orang lain yang memiliki kebutuhan khusus semisal lumpuh melalui informasi yang kita berikan. Fitur penandaan dan informasi melalui Local Guide inilah yang akan dipakain oleh begitu banyak aplikasi, sebut saja whatsapp, instagram, Waze, facebook, path dan masih banyak lainnya.


Kedua; Google memberikan kepada kita penghargaan berupa “Badge” dan “Point”, yang merupakan sebuah tanda ucapan terimakasih atas partisipasi kita di menjadi seorang Local Guide. Semakin sering kita menambahkan, memberi informasi dan melengkapi informasi suatu tempat maka point dan badge kita akan semakin bertambah.

Ketiga; Google akan memberikan kita reward melalui mitra-mitranya yang telah bekerja sama dengan google. Biasanya yang didapat adalah diskon/potongan harga. Di Indonesia sendiri biasanya diberikan kupon digital potongan harga di situs belanja Online, Website travel dan website hotel. Potongannya sendiri pun terbilang cukup lumayanlah.

Keempat; Kita dapat menambahkan tempat bisnis/tempat usaha kita di Google maps melalui fitur Local Guides. Melaui Local Guide maka lokasi dan tempat usaha kita akan semakin dikenal dan diketahui khalayak ramai. Dengan demikian, secara tidak langsung mendatangkan keuntungan bagi kita khususnya yang berkecimpung langsung di dunia usaha.

Demikian sedikit sharing pengalaman sejauh menjadi seorang Local Guide, sejauh ini saya sendiri masih tergolong baru dalam membantu orang lain melalui Fitur Local Guide dan masih mendapat Bintang Lima dan mengumpulkan 500an point. Maka marilah kita mulai menggunakan gadged/perangkat kita secara bijak dan positif dengan menjadi seorang Local Guide.


EmoticonEmoticon