Sabtu, 16 Desember 2017

Pengalaman Test Masuk Unpam

Manggarai... Ini merupakan lanjutan tulisan dari tulisan sebelumnya (Baca: Suka Duka Kulah di Unpam). Tulisan itu merupakan pengantar mengenai bagaimana saya memutuskan untuk menempuh Pendidikan di Universitas Pamulang. 


Mahasiswa Unpam
Credit: @perindah10


Pengalaman kuliah di Unpam merupakan pengalaman yang tak tergantikan, Lingkungannya, Dosennya, teman-temannya hingga bapak dan ibu penjaga warung telah menyisakan pengalaman yang sangat berharga. Apalagi untuk saya sendiri yang berasal dari Manggarai-Flores-Nusa Tenggara Timur.  Alias Orang Timur jauh.



Test Masuk Universitas Pamulang


Jujur awalnya agak binggung bagaimana dan harus dari mana memulainya, setelah mendapat informasi mengenai test gelombang ke dua di unpam segera langsung ke kampus unpam untuk mengambil formulir pendaftaran test masuk. Menurut mitos yang beredar,, hehehe kalo yang keterima di unpam  rata-rata yang test gelombang pertama dan kedua. Sedangkan di unpam sendiri dalam setahun ada dua kali gelombang pendaftaran semenster ganjil dan semester genap.


Ketika mengambil formulir awal sebaiknya ditanya secara lengkap mengenai segala persyaratan yang dibutuhkan. Karena untuk masuk di Teknik Informatika Universitas Pamulang ada persyaratan khusus, yaitu harus memiliki laptop pribadi. Ini bukan sekedar syarat doang karena saat penyerahan formulir laptop bakalan di cek wkkkwk. Nah apesnya waktu itu saya belum memiliki laptop pribadi, mau nga mau minjem laptop temen untuk melengkapi persyaratan pendaftaran.
   So what we get drunk?
   So what we smoke weed?
   We’re just having fun
   We don’t care who sees
   So what we go out?
   That’s how it's supposed to be
   Living young and wild and free..

    "Young, Wild & Free" Wiz Khalifa, with Snoop Dogg feat Bruno Mars. 

Biasanya syarat-syarat yang dibutuhin untuk masuk Universitas Pamulang itu tentu saja foto, Ijazah SMA yang dilegalisir, fotocopy nilai raport SMA, sama kalo nga salah ingat ‘Surat Pernyataan orangtua/wali’. Saat penyerahan formulir (dan Pengecekan laptop) biasanya ada pembayaran test masuk Rp. 75.000, dan kita dikasih kertas kecil berisi tanggal dan nomer ujian test masuk.


Baca Juga: Pengalaman Backpacker Ke Dieng

Nah, saat test masuk Unpam agak grogi, bukan apa-apa; di Unpam ada dua kuliah yang selalu dipadati oleh para calon mahasiswa; yaitu kuliah Teknik Informatika dan Kuliah Managemen. Saat hari test masuk Unpam kampus dipadati oleh para peserta test masuk, dan yang mendapati porsi paling besar adalah calon mahasiswa Teknik Informatika dan Calon mahasiswa Managemen.


Bahan ujian yang diujikan saat masuk Unpam biasanya bahan pelajaran umum saat SMA, ada Bahasa Inggris, matematika, fisika, Kimia dan Bahasa Indonesia. Nah buat saya sendiri bahan yang diujikan masih tergolong mudah. Jadi tidak memakan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan semua soal yang diujikan.  Walaupun otaku dah agak lapuk karena udah beberapa tahun meninggalkan bangku SMA,,,


Bersambung,,,,



EmoticonEmoticon